Surganya Buah di Jawa Tengah

1 Banner Jan-Feb 2015

Ingin menikmati kesejukan hawa pegunungan dengan hamparan buah-buahan segar yang membentang luas ? Ingin juga menikmati sensasi memetik serta memakan buah segara langsung di tempatnya ? Atau hanya Ingin sekedar rekreasi menghabiskan waktu liburan bersama keluarga? Apa salahnya berkunjung ke Plantera Fruit Paradise sebagai alternatif wisata.

IMG_6521

Perjalanan dari kota Semarang menuju lokasi yang berada di kabupaten kendal tersebut hanya memerlukan waktu sekitar 2 jam setengah. Medan yang ditempuh untuk menuju lokasi argowisata ini tidak terlalu rumit. Jalur yang dilewati untuk mencapai lokasi tersebut dapat melalui jalur utama Semarang – Kendal atau memilih jalur altenatif dari Semarang– Boja. Untuk lebih mudahnya, jalur Semarang – Boja kemudian masuk ke daerah Singorojo, menjadi jalur yang cepat dan memungkinkan perjalanan ke lokasi lebih mudah.

Sesampainya dilokasi argowisata ini, kita langsung bisa merasakan hawa sejuk perbukitan dan disuguhkan dengan hamparan perbukitan pohon buah. Segala hal yang mengenai informasi wisata selama berkunjung ke Plantera Fruit Paradise dapat kita peroleh di area Plantera Hall.

Plantera Fruit Paradise, merupakan kebun buah tropis unggulan yang berada di atas lahan sekitar 235 hektar. Kebun yang resmi berdiri pada tanggal 15 Desember 2009 ini, berada 45 km ke arah selatan kota Semarang, ibukota Jawa Tengah. Tepatnya di Ngebruk, Sidokumpul, Patean, Kab. Kendal. Tak hanya menawarkan kesejukan dan aroma segar pengunungan, kebun buah milik PT Cengkeh Zanzibar ini juga memberikan pengetahuan lebih kepada pengunjung seputar beraneka ragam buah-buahan.

Plantera Fruit Paradise Ngebruk sendiri melayani beraneka ragam wisata diantaranya paket wisata reguler fruit safari, fruit tour maupun fruit paradise. Bukan hanya itu saja, argowisata ini pun juga dilengkapi pendopo beserta sound system dan meja kursi untuk acara gathering perusahaan

Mobil Wisata

IMG_6703 - Copy

Paket wisata pertama yang diberikan Plantera adalah Plantera Fruit Tour. Paket ini menawarkan tour keliling perkebunan berjarak 4400 meter menggunakan mobil wisata terbuka didampingi seorang pemandu wisata. Sebelum berkeliling kebun, kami dibawa ke Plantera Hall untuk mendapatkan welcome drink berupa jus buah segar pilihan yang bisa dinikmati saat perjalanan.

IMG_6516 - Copy

Fruit Safari

Paket wisata kedua ini berbeda dengan yang pertama. Pengunjung secara langsung dibawa lebih dekat kepada jenis pepohonan buah. Paket yang dimaksud adalah paket wisata reguler fruit safari. Dengan Harga tiket per orang Rp 25.000,00, paket ini menawarkan kepada pengunjung untuk berjalan mengelilingi perkebunan sepanjang 1 kilo meter di tengah alam pegunungan. Selain sehat dan segar anda dapat melihat jenis pohon buah yang di tanam. Dalam perjalan keliling perkebunan buah kami mendapatkan penjelasan dari pemandu wisata tentang berbagai macam koleksi buah yang di tanam.

Koleksi tanaman buah yang ada di argowista plantera memang cukup banyak. Menurut informasi dari pemandu argowisata, Vina, buah yang di tanam di kebun plantera ada berbagai macam jenis diantaranya Durian Montong, Batang Lengkeng Itoh , Red Dragon Fruit, Srikaya Grand Anona, dan Jambu Citra. Ada juga melon Kinanti Mas, Semangka Saloka Mas, Kelapa Pandanwangi, Sawo Cikumega, Cengkeh, bermacam-macam Jeruk, Lemon Variegata, Mangga Madu, Jambu Sukun, dan Jagung Manis Bright Jean.

Dari 235 hektar perkebunan yang ditanami buah, pohon buah terbanyak yang di tanam di argowisata ini yakni lengkeng Itoh. Lengkeng Itoh ditanam dilahan sebesar 48 hektar dimana tertanam sekitar 9.475 pohon. Tak mengherankan, produksi buahnya yang melimpah menjadikan klengkeng itoh ini salah satu buah unggulan. Dikatakan unggulan karena buah yang merupakan perbaikan dari kelengkeng pimpong dan siver, mampu tumbuh kurang dari 2 tahun. Bentuk buahnya seperti pimpong, berbiji kecil dan rasanya manis.

Selain klengkeng itoh, buah unggulan lainya yang ada di Plantera diantaranya 6.000 batang srikaya Grand Anona. Buah yang besarnya segenggaman tangan dengan biji kecil ini memiliki rasa campuran asam dan manis. Selain itu ada Buah naga atau disebut juga red dragon fruit. Buah dengan batang berduri ini juga seperti halnya klengkeng, buahnya menjadi unggulan dalam proses produksi. Rasanya yang cenderung masam dan juga memilki banyak khasiat penyembuhan penyakit menjadikan red dragon fruit banyak dicari juga diminati pengunjung yang datang ke surga buahnya Jawa Tengah.

Paket ke tiga ini menawarakan sensasi lebih dan merupakan paket unggulan yang di tawarakan disini. Plantera Fruit Paradise Ngebruk memberikan wisata petik atau panen buah sendiri untuk merasakan sensasi makan buah panenan sendiri. Namun paket ini hanya diadakan sesuai jadwal panen Kebun Ngebruk jadi tidak setiap saat paket fruit paradise ini ada. Jangan kecewa apabila kurang beruntung untuk bisa menikmati paket ungglan ini, pengunjung masih bisa menimati sensasi buah segar lengkap dengan membeli langsung di fruit shop yang dsediakan.

Setelah lelah mengikuti paket wisata yang disediakan, Plantera Resto’n Shop sangat cocok untuk pengujung yang ingin beristirahat. Resto tersebut menyediakan hidangan makanan dan minuman beraneka jus buah segar. Buah-buahan pilihan hasil kebun juga tersedia, mulai dari Durian Montong yang besar dan harum, Kelengkeng Itoh yang Legit, Buah Naga, Rambutan, Srikaya, Melon, Semangka sampai Jagung Godok maupun bakar pun tersedia.

IMG_6747 - Copy

IMG_6772 - Copy

Kembali ke paket wisata kedua, ternyata ada sedikit hal menarik yang belum di angkat. Kebun Ngaburk bukan hanya menyediakan wisata ala buah tapi juga memberikan permainan seru kepada pengunjung. Jadi hal menariknya ketika disela-sela berkeliling kebun, rombongan kami diberhentikan di spot area permaianan Di salah satu titik di kawasan itu memang terdapat danau buatan seluas 1 hektar dengan kedalaman antara 2-3 meter. Lokasi inipun dimanfaatkan menjadi wahana plantera adventure. Dalam area tersebut kita dapat menikmati permainan yang disediakan disana diantaranya flying fox, ATV, bebek air dan perahu dayung.

IMG_6617 - Copy

Bersantai di tengah jembatan tali yang menghubungkan ujung danau menjadi akhir dari Perjalan menyusuru kebun buah plantera dan ber adventure ria. Banyak hal yang yang bisa didapatkan dari berwisata di surga buahnya Jawa Tengah ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s