Tugas Public Relations

  1. Employee Relations

    Karyawan adalah bagian internal dalam sebuah organisasi. Membina hubungan baik dengan public internal itu sangat penting agar citra dan reputasi organisasi tetap positif dimata public internal. Para karyawan ingin menyatakan pendapatnya kepada management tentang pekerjaan, kondisi, dan hal-hal yang mempengaruhi kepentingannya. Komunikasi dua arah, memberikan usulan kepada manajement adalah penting. Kegagalan yang serius dalam komunikasi karyawan menciptakan kelambanan pegawai, ketidakefisienan, produktivitas menururun, semangat kerja menurun, mungkin timbuk pemogokan, serta masalah lain yang menimbulkan dan merugikan organisasi misalnya penjualan produk menurun, keuntungan berkurang dan citra organisasi akan negative.

    Contoh :

  • rapat merupakan media komunikasi yang lazim silaksanakan manajemen dengan karyawan. Dalam rapat tersebut pemimpin memiliki kesempatan untuk berbicara secara langsung kepada karyawannya tentang kebijaksanaan, produk,metode, dan masalah internal baru. Manajement dapat bertemu dengan sekelompok kecil karyawan untuk membicarakan kegiatan perusahaan selama satu jam, misalnya. Pelaksanaan manajement dapat menyelenggarakan forum informasi karyawan setiap bulannya untuk membahas masalah keuangan, pabrik, keuntungan, posisi perusahaan dalam industry, serta masalah perusahaan lainnya.
  • Surat kabar atau majalah karyawan. Surat kabar atau majalah karyawan dapat menyajikan informasi kepada karyawaan tentang masalah perusahaan, serta memberikan kesempatan kepada karyawan tentang masalah perusahaan, serta memberikan kesempatan kepada karyawan untuk menyatakan untuk menyatakan pendapatnya. Media ini menimbulkan minat baca yang tinggi, dibaca oleh banyak orang, memerhatikan kepentingan pembaca, serta memberikan ruang untuk memaparkan kisah yang lengkap, dan menghindari terjadinya rumor, gossip, desas-desus atau kabar burung.
  1. Public Affair

    Suatu perkembangan penting dalam PR adalah terjadinya hubungan yang lebih erat antara perusahaan, asosiasi, dan perserikatan dengan pemerintahan, serta makin meluasnya keterlibatan lembaga-lembaga swasta dalam permasalahan masyarakat (dimana selama ini permasalahan, lebih banyak ditangani pemerintah). Bentuk kegiatannya adalah Memberikan dukungan kegiatan pemerintah dalam segala kebijakan yang dikeluarkan serta memberi kontribusi untuk kegiatan pemerintah misalnya pembangunan fasilitas umum publik (taman kota) , penanaman seribu pohon , pembuatan bahan bakar energi yang ramah lingkungan , hemat energi & efisien serta berguna bagi masyarakat luas.

  2. Media Relations

    Media berita menjadi factor utama dalam hubungan masyarakat, yang mengotrol arus publisitas melalui saluran saluran komunikasi umum, yang amat penting. Hubungan kerja yang baik dengan para redaktur, reporter, penulis tajuk rencana, juru kamera, kolumnis, dan para penyiar, serta pemahaman tentang kebutuhan redaksional mereka sangatlah esensial dalam menjamin pelaksanaan publisitas yang baik. Bentuk kegiatan nya adalah media gathering contohnya dengan Press Tour : perjalanan wisata dengan teman-teman wartawan tujuannya untuk menjalin keakraban tidak berkaitan dengan pekerjaan.

  3. Costumer Relations

    Selain untuk memperoleh citra perusahaan yang baik di mata publiknya, praktik PR juga dilakukan untuk memperoleh citra produk dari konsumennya. Konsumen itu sendiri yang menentukan suatu keberasilan atau kegagalan setiap industry dan perusahaan. Kegiatan hubungan konsumen dari bebrapa public pelanggan. Para pelanggan merupakan salah satu asset perusahaan yang paling berharga. Mereka merupakan sumber penjualan ulang, testimonial, dan acuan; mereka merupakan sumber utama pelanggan baru. Bentuknya adalah bantuan perusahaan untuk lembaga-lembaga kesehatan, kesejahteraan, pendidikan dan kebudayaan diberitakan melalui pers dan meningkatkan itikad baik para konsumen. Contohnya anak anak para pelanggan memenuhi syarat untuk menerima beasiswa perusahaan dalam rangka meningkatkan hubungan konsumen.

  4. Community Relations

    Komunitas adalah sekelompok orang yang hidup di tempat yang sama, berpemerintahan sama, dan mempunyai kebudayaan dan sejarah yang umumnya turun temurun. Orang hidup dalam komunitas dengan organisasi-organisasinya yang membuat mereka saling bergantung satu dengan lainny. Mereka tidak dapat menikmati kehidupan yang baik tanpa organisasi tersebut. Begitu pula organisasi tidak dapat hidup tanpa ijin mereka. Salah satu tujuan membangun hubungan komunitas adalah memberi informasi kepada komunitas tentang kebijaksanaan, kegiatan, dan masalah perusahaan dan menjadikan perusahaan sebagai factor penting dalam kehidupan komunitas melalui bantuan kepada lembaga lembaga setempat dan masalah lingkungan. Bentuk kegiatannya adalah sumbangan untuk kesejahteraan komunitas meliputi bantuan untuk pelayanan social, organisasi kesehatan dan medis, kelompok budayaan, peningkatan asosiasi kemasyarakatan dan rekreasi. Contohnya bantuan keuangan untuk sekolah dasar dan menengah umum dibatasi untuk proyek proyek yang biasanya tidak dibantu oleh pajak. Akan tetapi, beberapa perusahaan memberikan bantuan peralatan untuk sanggar latih-manual dan laboratorium sekolah lanjutan, serta menyediakan waktu bagi para pelaksana dan karyawan untuk menjadi anggota dewan sekolah dan kampanye perserikatan sekolah.

Daftar Pustaka

Ardianto, Elvinaro. 2011. Handbook of Public Relations. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Moore, Frazier.2000. Hubungan Masyarakat; Prinsip, Kasus, dan Masalah, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s