Marketing Approach to Winning Corporate Funding and Support for Social Initiatives: Ten Recommendations

Bab terakhir ini ditulis untuk eksekutif, administrator, dan manajer program LSM dan lembaga sektor publik mencari kontribusi untuk mengembangkan dan mengimplementasikan inisiatif yang dimaksudkan untuk mendukung sebuah alasan sosial.

Berikut 10 rekomendasi yang didasarkan pada apa yang telah kita pelajari dari eksekutif perusahaan tentang manfaat yang mereka cari dari kontribusi mereka, kekhawatiran yang bisa menahan mereka, keadaan yang mendorong minat mereka dalam berpartisipasi, bagaimana mereka memilih di antara inisiatif sosial untuk mendukung, bagaimana mereka mengevaluasi proposal potensial, dan apa yang mereka inginkan dan harapkan dari mitra kerja mereka.

 

RECOMMENDATION 1

Mulai dengan mengembangkan daftar masalah sosial yang organisasi atau instansi anda saat ini mendukung dan yang akan manfaat dari sumber daya tambahan. Spesifik.

Kebanyakan organisasi nonprofit dan banyak lembaga pemerintah ada untuk mendukung beberapa kampanye sosial dan pada suatu titik waktu tertentu, yang berfokus pada program dan layanan yang akan memajukan misi mereka. Yang menarik di sini adalah proyek-proyek dan inisiatif yang akan mendapat manfaat dari dana tambahan atau sumber daya lainnya dalam rangka untuk memiliki dampak yang lebih besar. Kunci pada langkah awal ini adalah untuk mengidentifikasi satu atau lebih masalah spesifik yang kemudian dapat diajukan untuk dipertimbangkan’

Contohnya, di tingkat misi, American Cancer Society bekerja untuk menghilangkan kanker sebagai masalah kesehatan utama melalui upaya termasuk penelitian, pendidikan, advokasi, dan layanan. Demikian juga pemeliharaan alam, yang bekerja untuk melestarikan tanaman, hewan, dan komunitas alami dengan melindungi tanah dan air, saat ini daftar 5 prioritas di web untuk fokus, mengatasi perubahan iklim, manajemen kebakaran, air tawar, spesies invasif, konservasi kelautan.

Relatif untuk model pemasaran, kita bisa memikirkan masalah sosial ini sebagai produk (korban) yang organisasi nonprofit atau lembaga pemerintah ingin jual dipasaran.

 

RECOMMENDATION 2

Mengidentifikasi daftar pendek perusahaan yang isu-isu sosial mungkin memiliki koneksi dengan, sesuatu yang berhubungan dengan misi bisnis mereka, produk dan jasa, basis pelanggan, gairah bekerja karyawan, masyarakat di mana mereka melakukan bisnis dan sejarah corporate giving mereka.

Kita sering mendengar dari mereka yang diwawancarai untuk kasus-kasus dalam buku ini bahwa salah satu kriteria pertama dan paling penting untuk memilih isu-isu sosial untuk mendukung adalah bahwa ia memiliki beberapa hubungan ke bisnis mereka. Melekat dalam misi bisnis, baik secara formal atau tidak, adalah tujuan organisasi. Apa yang ingin mereka sediakan atau sempurnakan dalam lingkungan yang lebih besar.

 

RECOMMENDATION 3

Pendekatan perusahaan dan/atau lembaga komunikasi dan mengetahui lebih lanjut tentang kepentingan mereka dan pengalaman relative terhadap mendukung inisiatif sosial.

Dalam dunia yang ideal, kontak awal akan dimulai dengan pertemuan singkat atau percakapan telepon dengan CEO masing-masing perusahaan yang ditargetkan. Ini adalah sudut pandang orang yang sangat berharga pada fase proses ini, memberikan informasi lebih lanjut tentang kepentingan perusahaan, pengalaman, dan preferensi relatif mendukung kegiatan sosial, dan mengenai tantangan bisnis saat ini dan peluang. Memasuki tingkat ini bisa dibuat lebih mungkin jika seseorang di agency Anda, atau seorang pemimpin masyarakat yang berhubungan dengan agency atau kampanye Anda, mampu untuk memberikan pengenalan. Pembicaraan awal bahkan bisa dilakukan oleh salah satu VIP ini, dengan rujukan berikutnya kepada orang lain di perusahaan.

Namun, lebih mungkin bahwa kontak awal akan dengan manajer departemen atau asisten mereka. Departemen terkait termasuk yang berurusan dengan urusan masyarakat (misalnya, Public Affairs, Corporate Social Responsibility, atau Hubungan komunitas), komunikasi perusahaan, pemasaran, dan/atau public relations. Jika perusahaan memiliki yayasan, pertemuan awal mungkin termasuk perwakilan mereka juga. Jika memungkinkan, cobalah untuk mengatur pertemuan awal yang mencakup satu wakil dari daerah urusan komunitas mereka dan satu dari pemasaran. Ini adalah perspektif gabungan mereka dan tanggung jawab yang akan memberikan masukan terbanyak.

 

Komentar pengantar harus fokus pada memposisikan pertemuan tersebut sebagai penyelidikan. Anda sedang menjajaki peluang untuk kemitraan komunitas untuk mendukung inisiatif yang menarik bagi organisasi Anda. Tujuan Anda adalah untuk mempelajari lebih lanjut tentang kepentingan dan kebutuhan perusahaan mereka dan, jika sesuai,datang kembali dengan ide-ide pada cara-cara Anda mungkin bekerja sama untuk manfaat penyebabnya, serta bertemu dengan beberapa dari tujuan bisnis mereka. Ini adalah sebuah wawancara, bukan proposal. Biarkan mereka tahu apa penelitian yang telah Anda dilakukan pada perusahaan mereka yang telah menyebabkan Anda untuk mereka dan bagaimana hal itu sejalan dengan misi lembaga Anda.

 

Apakah dalam satu pertemuan atau beberapa pertemuan, beberapa pertanyaan pertama yang ingin Anda jelajahi adalah yang berkaitan dengan kepentingan mereka mengenai isu-isu sosial dan pengalaman relative mereka terhadap inisiatif sosial. Pertanyaan Anda bisa meliputi:

  • Apa isu-isu sosial yang saat ini yang paling menarik bagi organisasi mereka dan mengapa? Anda dapat berbagi apa masalah Anda menyadari bahwa mereka mendukung di masa lalu dan bertanya mengapa isu-isu tersebut yang dipilih. Jika isu-isu berbeda yang menjadi perhatian di masa lalu, apa yang membawa tentang perubahan ini?
  • Kampanye Apa yang karyawan mereka sukai, jika ada? Apakah ini pertimbangan utama bagi mereka ketika mereka mempertimbangkan pilihan untuk dukungan dan keterlibatan?
  • Kampanye Apa untuk membuat target pasar atau pelanggan bergairah? Sekali lagi, ini adalah pertimbangan utama ketika mereka mengevaluasi pilihan?
  • Apa bentuk dukungan yang paling menarik bagi mereka? Anda bisa menyebutkan berbagai jenis inisiatif dan bertanya, secara umum, mana yang merupakan paling dan paling sedikit menarik. Apakah mereka cenderung ingin bekerja dengan community partners atau lebih memilih untuk menangani hal-hal internal?
  • Apa yang telah bekerja dengan baik di masa lalu? Hasil mereka apa yang paling bernilai?
  • Apa yang tidak bekerja dengan baik di masa lalu? Pelajaran apa yang telah dipelajari?

 

RECOMMENDATION 4

Dengarkan kebutuhan bisnis mereka.

Topik awal lainnya untuk mengeksplorasi adalah mereka yang terkait dengan tujuan dan objek bisnis perusahaan. Minat Anda didasarkan pada perspektif bahwa inisiatif sosial dapat dan harus mendukung ekonomi serta tujuan sosial dan lingkungan, bahwa ketika perusahaan dapat menunjukkan laba atas investasi mereka dalam inisiatif sosial, mereka lebih cenderung untuk mengembangkan hubungan jangka panjang dengan community partners dan fokus program pemberian pada apa mereka bekerja. Anda menganggap mereka sebagai pelanggan potensial dan ingin dipahami apa mereka perlu memiliki kemitraan dengan Anda mungkin bisa untuk mengisi. Percakapan Anda akan menginspirasi staf Anda untuk mempertimbangkan pilihan untuk inisiatif dengan kesempatan terbaik untuk memenangkan dukungan mereka.

 

Daerah pertanyaan harus menyentuh pada sebagian besar aspek bisnis, mengeksplorasi citra perusahaan, operasional, sumber daya manusia, hubungan komunitas, public relations, dan masalah pemasaran. Semua dapat dirangkai sebagai berikut:

  • Apakah ada aspek visibilitas atau reputasi di masyarakat bahwa Anda tertarik dalam peningkatkan?
  • Apakah ada key messages tentang perusahaan Anda bahwa Anda merasakan perasaan dari keadaan yang mendesak untuk berkomunikasi?
  • Bagaimana dengan masalah operasional? Apakah ada pedoman dari badan hukum yang sedang Anda coba untuk penuhi yang akan mendapat manfaat dari dukungan publik? Apakah ada masalah hubungan dengan pemasok, pemilik franchise, dan/atau distributor yang akan diperkuat dengan keterlibatan dalam isu-isu sosial?
  • Apakah Anda menghadapi setiap tantangan relatif utama untuk menarik dan mempertahankan motivasi tenaga kerja yang mungkin didukung oleh keterlibatan perusahaan dalam masyarakat atau dengan peluang relawan?
  • Apakah ada konsumen atau pasar bisnis yang Anda mengejar dimana keterlibatan dalam sebuah kampanye sosial mungkin memberikan keunggulan kompetitif, atau di mana hubungan dengan community partner yang kuat mungkin akan bermanfaat?
  • Dalam hal citra merek, apakah ada produk tertentu yang sedang Anda coba untuk penempatan ataupenempatan ulang? Apakah ada target penjualan agresif yang terkait dengan produk tersebut?

 

RECOMMENDATION 5

Berbagi isu-isu yang didukung oleh perusahaan kepada mereka (stakeholders), inisiatif tersebut Anda pertimbangkan atau menarik untuk terlibat didalamnya serta sesuai dengan kekuatan dan sumber daya Anda.Cari tahu, jika ada, yang mungkin dapat menarik perhatian mereka.

Isu-isu sosial tersebut , yang mengacu kepada mereka di sini, yakni mengenai masalah yang lebih khusus yang mana organisasi Anda tertarik untuk memecahkannya, yang akan menguntungkan dari dukungan keuangan dan dukungan hubungan. Kami telah menyarankan bahwa masalah/isu yang diangkat tersebut dianggap produk yang akan Anda jual di pasaran. Di beberapa titik dalam proses memberitahu ke yang lain , daftar ini harus dibagikan. Ini harus di batasi kepada mereka bahwa penelitian Anda, firasat, dan diskusi awal mungkin menunjukkan yang paling menarik bagi perusahaan untuk didekati dan diwawancarai. Hal ini juga ketika Anda berbagi pedoman Anda untuk kegiatan dapat diterima.

Cerita American Legacy Foundation menemukan dukungan perusahaan untuk salah satu inisiatif yang menggambarkan proses ini dengan baik. Sebagai latar belakang, American Legacy Foundation didirikan pada tahun 1999, didanai terutama oleh dana dari Master Settlement Agreement dengan industri tembakau. Organisasi ini bekerja untuk membangun sebuah dunia di mana anak muda menolak tembakau dan siapa saja bisa berhenti merokok. Upaya terkonsentrasi pada penyediaan hibah, pelatihan teknis dan bantuan, aktivisme pemuda,kemitraan strategis, countermarketing dan akar kampanye pemasaran, serta hubungan masyarakat. Organisasi memiliki fokukhusus pada membantu masyarakat terpengaruh oleh tol tembakau, termasuk African American, Hispanics, dan penduduk asli Amerika. Salah satu program yayasan ini adalah “Circle of Friends: Uniting to Be Smoke-Free, “akar rumput nasional gerakan sosial untuk menyoroti pentingnya mendukung perokok yang ingin berhenti, sementara juga mendidik orang tentang penyakit yang berkaitan dengan tembakau pada perempuan, keluarga mereka, dan masyarakat.Yang menarik untuk ilustrasi ini adalah salah satu yayasan yang spesifik kemitraan, dirancang untuk menjangkau perempuan muda perokok usia 16 sampai 24.

 

RECOMMENDATION 6

Menyiapkan dan mengajukan proposal kepada perusahaan-perusahaan yang paling tertarik pada isu sosial Anda. Siapkan beberapa opsi inisiatif bagi calon pemberi dukungan, yang mana dinyatakan cocok untuk bisnis mereka dan kebutuhan pemasaran.

Pada titik ini, Anda diharapkan kaya dengan ide/masukan. Idealnya, Anda mengetahui isu-isu sosial yang menjadi target perusahaan-perusahaan dan menjadi bahan prioritas yang dipertimbangkan. Anda memahami tujuan bisnis dan tantangan dan telah mengidentifikasi bahwa Anda mampu mendukung. Anda harus memiliki rasa pada salah satu jenis inisiatif yang mereka pilih dan Anda memiliki kedudukan yang menguntungkan dalam hal ini adalah nilai dalam kemitraan dan apa yang membuat mereka curiga.
Ini akan memudahkan untuk mengambil langkah berikutnya, kerajinan proposal.

Sebuah proposal harus mencakup pernyataan yang jelas tentang tujuan, menyoroti dampak potensial bahwa inisiatif yang diusulkan akan memiliki masalah sosial yang menjadi perhatian bersama. Anda harus juga menunjukkan minat Anda dan komitmen untuk membantu mengembangkan evaluasi mekanisme untuk mengukur dampak kampanye ini. Mengidentifikasi kekuatan dan sumber daya Anda.

 

RECOMMENDATION 7

Berpartisipasi dalam mengembangkan rencana pelaksanaan.

Komponen sederhana sebuah rencana pelaksanaan akan mencakup pengaturan sasaran dan tujuan (hasil yang diinginkan) untuk perusahaan dan kampanye; memilih target peserta; mengidentifikasi aktivitas strategis; dan menentukan peranan, pertanggung-jawaban, ketepatan waktu, dan anggaran dana. Seperti yang kita dengar dari banyak eksekutif perusahaan, keterlibatan tim cross-fungtional dalam proses perencanaan ini adalah kunci kesuksesan program dan harus didukung sejak awal.

 

RECOMMENDATION 8

Penawaran untuk mengendalikan sebanyak kepergian (urusan pekerjaan) administratif.

Beberapa inisiatif-khususnya cause promotions, cause related marketing, dan social marketing-cenderung melibatkan lebih banyak waktu administratif dan usaha daripada yang lain, seperti menyediakan dana tunai atau menghadiri satu waktu kegiatan sukarela karyawan. Dalam kasus dimana kegiatan inisiatif ini telah diidentifikasi reltif ideal untuk keinginan hasil, mungkin penting untuk NGO atau staf agensi publik untuk memfasilitasi hubungan mitra dengan menawarkan untuk menerima bermacam tugas administratif.

 

RECOMMENDATION 9

Membantu dalam pengukuran dan pelaporan hasil.

Badan pengelola harus mengungkapkan komitmen dalam diskusi awal untuk program evaluasi. Kepuasan perusahaan dan komitmen jangka panjang untuk kemitraan mungkin sebenarnya sangat tergantung pada faktor ini.

Setelah tujuan program dan strategi dibentuk, rencana evaluasi dapat dikembangkan untuk menilai proses program, serta hasil. Ini harus menjadi upaya tim, karena akan menjadi penting untuk mengukur dan hasil laporan terhadap sasaran dan tujuan yang ditetapkan, serta bagi perusahaan. Rencana ini harus mencakup delineasi peran dan tanggung jawab serta persyaratan dana.Upaya evaluasi bervariasi menurut jenis inisiatif, masing-masing memberika persyaratan dan tantangan tersendiri. Dengan langkah-langkah yang ditetapkan untuk mencapai tujuan.

 

RECOMMENDATION 10

Memberikan pengakuan untuk kontribusi perusahaan, dengan cara yang disukai oleh perusahaan.

Meskipun kami menemukan berbagai tingkat antusiasme untuk pengakuan perusahaan dan berbagai bentuk pilihan untuk pengakuan ini, satu tema yang meresap: Biarkan partner kampanye dan orang-orang yang diuntungkan oleh inisiatif bercerita.

Mempertimbangkan the power of American Legacy Foundation mempersembahkan Deborah Fine, presiden Avon Future, Pimpinan Perusahaan Award honoring “setiap individu berkomitmen untuk memajukan misi yayasan untuk membangun sebuah dunia di mana orang-orang muda menolak tembakau”. Dan jika anda adalah manajer divisi untuk 7-Eleven di Texas, bayangkan apresiasi kepada anda ketika Texas Departemen Perhubungan mengakui usaha anda untuk mempengaruhi pengendara untuk “menyimpan sampah mereka”. Dan bayangkan kepuasan untuk Aleve diakui oleh publik oleh Arthritis Foundation, untuk Pampers oleh SIDS Foundation, untuk Wal-Mart oleh Children’s Miracle Network. Pujian tersebut didapat sama halnya kebaikan yang didapatkan.

 

 

RINGKASAN REKOMENDASI UNTUK MENCARI DUKUNGAN PERUSAHAAN

Bab ini telah menyajikan pedoman dan prinsip-prinsip yang kami percaya menawarkan kesempatan terbaik bagi LSM dan lembaga-lembaga publik untuk memenangkan dukungan dari perusahaan untuk inisiatif sosial.

 

 

  1. Mulailah dengan mengembangkan daftar masalah sosial yang organisasi anda atau lembaga saat ini geluti dan manfaat yang akan didapat dari tambahan sumberdaya. Jadilah spesifik.
  2. Mengidentifikasi daftar singkat dari perusahaan bahwa isu-isu sosial mungkin memiliki koneksi dengan sesuatu yang berhubungan dengan bisnis, misi, produk dan jasa, basis pelanggan, hasrat karyawan, masyarakat di mana mereka melakukan bisnis.
  3. Pendekatan perusahaan dan / atau lembaga komunikasi mereka dan mengetahui lebih lanjut tentang kepentingan dan pengalaman relatif mereka untuk mendukung inisiatif sosial.
  4. Berbagi isu-isu sosial organisasi dengan mereka,dan inisiatif anda akan dipertimbangkan.
  5. Menyiapkan dan mengajukan proposal kepada perusahaan-perusahaan yang paling diminati dalam isu-isu sosial Anda.
  6. Berpartisipasi dalam mengembangkan rencana implementasi.
  7. Tawarkan untuk menangani administrasi sebanyak mungkin.
  8. Membantu dalam pengukuran dan pelaporan hasil.
  9. Memberikan pengakuan atas kontribusi korporasi, dengan cara disukai oleh perusahaan.
  10. Mendengarkan kebutuhan bisnis mereka.

Kami menyadari bahwa beberapa memiliki waktu dan juga kegiatan yang dibutuhkan untuk mengikuti praktek rekomendasi. Minimal, tetap fokus pada niat untuk mengembangkan program yang akan dilakukan dengan baik untuk kampanye serta perusahaan, dan sektor publik, nirlaba, dan swasta harus bekerjasama untuk memenuhi tujuan sosial dan lingkungan serta ekonomi. Bahkan, seluruh pemangku kepentingan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s